Cara Mudah Membuat Mind Map

Apakah Mind Map itu? Bagaimanakah cara membuat Mind Map? Apa kelebihan dan keuntungan membuat Mind Map? Seperti apakah contoh Mind Map? More »

Konsep Pendidikan Karakter dalam Islam

Bagaimanakah konsep pendidikan karakter dalam Islam? Apa perbedaan pendidikan karakter menurut Islam dengan pendidikan karakter Barat? Bagaimanakah penerapan pendidikan karakter di sekolah-sekolah Islam? More »

5 Kesalahan Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah

Apakah penerapan pendidikan karakter di sekolah sudah sesuai dengan konsep dan teorinya? Apakah Penerapan Pendidikan Karakter hanya trend saja? Ataukah sebuah keharusan bagi sekolah? More »

Bagaimanakah Penilaian Pendidikan Karakter seharusnya dilakukan?

Faktor paling sering diperdebatkan dalam diskursus pendidikan karakter adalah penilaian. Hal ini berkenaan dengan hasil akhir dari pendidikan karakter yang berupa tindakan moral, bukan berupa pemikiran atau gerakan yang dengan mudah dapat dinilai melalui kemampuan menulis jawaban dan mempraktekkan sebuah keterampilan yang kemudian diakumulasikan dalam bentuk angka More »

Bagaimanakah Cara Merancang Pembelajaran Yang Bermakna?

Sudahkan Anda membuat setiap pembelajaran Anda bermakna bagi Anda dan siswa? Apakah siswa Anda menikmati setiap pembelajaran yang Anda berikan? More »

 

24 Jam Yang Paradoks

24
Sponsored Links

24 Jam Yang Paradoks

Guru Wajib Mengajar 24 Jam dalam 1 Minggu, itulah isu menarik dunia pendidikan yang ramai menjadi head line berbagai surat kabar.

Bukan 24 jam yang sama dengan hitungan sehari, tetapi 24 jam mengajar guru dalam sepekan. Itulah tugas minimal yang harus diemban seorang guru profesional.

Guru profesional adalah mereka yang telah lulus sertifikasi guru. Karenanya bila 24 jam mengajar ini tidak terpenuhi, banyak guru terancam tidak dibayarkan tunjangan profesionalnya.

Titik Paradoks

Kebijakan ini sangat paradoks dengan kondisi riil dilapangan. Mengapa? Sejak digulirkannya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2003, perubahan yang mendasar dalam dunia pendidikan adalah pengurangan beban belajar. Dengan kata lain pengurangan jam pelajaran dalam satu pekan.

Inilah paradoks pertama, sebab sementara beban belajar dikurangi, beban mengajar guru ditambah. Paradoks bukan? Maka tidak heran bila ketika kebijakan 24 jam ini makin ditegaskan, dunia guru menjerit.

Pada faktanya, sekolah kemudian sangat kesulitan mengatur pembagian tugas mengajar ini. Pemenuhan 24 jam bagi guru profesional berdampak pada dua hal.

1. Terkurangkannya jam mengajar guru non profesional untuk memenuhi jatah 24 jam tadi. Guru yang diambil jam mengajarnya ini tentu tidak begitu saja menerima. Terpaculah kecemburuan dan “perseteruan” yang tak terhindarkan. Inilah paradoks kedua.

2. Distribusi jam setiap mata pelajaran tidaklah sama. Untuk guru mapel dengan alokasi jam yang sedikit, misalnya 2 jam perminggu, pemenuhan 24 jam makin dilematis. Bukan lagi harus mengorbankan jam mengajar guru, tetapi mengorbankan profesionalisme guru itu sendiri. Kekurangan jam pada mapel utama seringkali ditambali dengan mengajar pada mapel lain. Disinilah profesionalisme digadaikan. Inilah paradoka ketiga.

~Bersambung~

Tik email Anda di sini untuk berlangganan artikel

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan tulis komentar Anda atau Anda dapat berlangganan gratis RSS feed untuk mendapatkan artikel terbaru dari Blog Inspirasi. Untuk berlangganan melalui email silakan isi form di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.

Warning: Unknown: write failed: No space left on device (28) in Unknown on line 0

Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/tmp) in Unknown on line 0