Cara Mudah Membuat Mind Map

Apakah Mind Map itu? Bagaimanakah cara membuat Mind Map? Apa kelebihan dan keuntungan membuat Mind Map? Seperti apakah contoh Mind Map? More »

Konsep Pendidikan Karakter dalam Islam

Bagaimanakah konsep pendidikan karakter dalam Islam? Apa perbedaan pendidikan karakter menurut Islam dengan pendidikan karakter Barat? Bagaimanakah penerapan pendidikan karakter di sekolah-sekolah Islam? More »

5 Kesalahan Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah

Apakah penerapan pendidikan karakter di sekolah sudah sesuai dengan konsep dan teorinya? Apakah Penerapan Pendidikan Karakter hanya trend saja? Ataukah sebuah keharusan bagi sekolah? More »

Bagaimanakah Penilaian Pendidikan Karakter seharusnya dilakukan?

Faktor paling sering diperdebatkan dalam diskursus pendidikan karakter adalah penilaian. Hal ini berkenaan dengan hasil akhir dari pendidikan karakter yang berupa tindakan moral, bukan berupa pemikiran atau gerakan yang dengan mudah dapat dinilai melalui kemampuan menulis jawaban dan mempraktekkan sebuah keterampilan yang kemudian diakumulasikan dalam bentuk angka More »

Bagaimanakah Cara Merancang Pembelajaran Yang Bermakna?

Sudahkan Anda membuat setiap pembelajaran Anda bermakna bagi Anda dan siswa? Apakah siswa Anda menikmati setiap pembelajaran yang Anda berikan? More »

 

Manajemen Waktu ala Rasul saw

Sponsored Links

Sering kali kita kewalahan mengatur waktu. Buktinya, produktivitas kita tak sebanding dengan keleluasaan waktu yang Tuhan berikan. Bukti yang lain, kita lebih sering menyesali keterlambatan dan kekurangcermatan. Bukti yang lain lagi, berapa posting berkualitas dan memberikan manafaat bagi banyak orang yang Anda tulis 3 hari terakhir? Bukti lainnya, ayo list sendiri oleh Anda….

Sekarang, mari luangkan waktu sebentar untuk belajar kepada seseorang yang mendapat predikat Orang Paling Sukses No. 1 Di Dunia Dalam Manajemen Waktu. Siapakah dia?

Dialah, Rasulullah, Muhammad SAW, orang paling sukses dalam hal manajemen waktu. Berikut ini adalah 4 tips manajemen waktu yang terinspirasi oleh hadits Rasulullah saw seperti yang diriwayatkan oleh Ibn Umar.

1. Milikilah mentalitas pengembara atau perantau

Jalanilah waktu seolah-olah Anda seorang asing yang sedang merantau. Waktu Anda begitu terbatas. Anda berada di tempat orang lain, harus segera pulang dengan membawa kabar baik dan oleh-oleh yang menyenangkan buat keluarga. Hidup adalah merantau meskipun dari lahir sampai mati tak beranjak dari kampung halaman sendiri. Maka buatlah daftar, jadwal dan target  yang jelas dan tegas untuk segala aktifitas Anda.

2. Milikilah sikap penyebrang jalan

Anda harus menyebrang untuk segera melanjutkan perjalanan. Mata Anda harus selalu waspada lihat kiri kanan. Pendengaran Anda harus siaga menangkap arah suara kendaraan. Begitu jalanan lengang, segera menyebrang, waktu Anda sangat singkat. Terlambat sebentar saja, kesempatan itu hilang, Anda tidak bisa menyebrang, atau malah celaka tertabrak kendaraan. Maka biasakanlah berpikir cepat, mengambil keputusan secara cepat, dan belajar dengan cepat.

3. Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan

Pekerjaan sore hari, selesaikan di sore hari. Pekerjaan pagi selesaikan pagi hari. Tidak ada sore dan pagi yang sama dalam satu hari. Menunda pekerjaan sesungguhnya sama dengan menumpuk beban. Saat menunda Anda mungkin berpikir ingin menikmati suasana santai dan tenang, padahal sebenarnya Anda sedang menabung kesibukan yang nanti lelahnya tidak akan terobati oleh santai sesaat itu.

4. Manfaatkan kesempatan sekecil apa pun untuk kebaikan

Maukah Anda menjadi orang yang saat sakit atau saat tua kelak, hanya terdiam lemah tapi pahala kebaikan mengunjungi Anda tiapa saat? Seperti pensiunan, yang karena kerja kerasnya saat masih aktif, dia tinggal menunggu gaji tiap bulan tanpa kerja lagi. Itu bias Anda raih dengan memperbanyak dan membiasakan kebaikan selagi mampu melakukanya. Biasakan, bukan sesekali saja atau asal.

Semoga bermanfaat dan selamat menjadi penakluk waktu!

Tik email Anda di sini untuk berlangganan artikel

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan tulis komentar Anda atau Anda dapat berlangganan gratis RSS feed untuk mendapatkan artikel terbaru dari Blog Inspirasi. Untuk berlangganan melalui email silakan isi form di atas.

3 Responses to Manajemen Waktu ala Rasul saw

  1. Dede Yuli Yulianti says:

    assalamu’alaikum…
    kebanyakan para santri kurang bisa memanajemen waktu dan sering melalaikan waktu, sehingga kebanyakan aktivitas yang kurang teratur… syukron abi atas 4 tips manajemen waktunya…:)
    semoga kita santri muhajirin bisa memanajemen waktu dengan baik :)

  2. Arlex says:

    BAGUUS ARTIKELNYA

    • Taruddin, MA says:

      Setuju dan terimakasih terbantu dengan artikelnya. Waktu itu tidak pernah berjalan mundur tetapi maju, apabila kita lalai pasti kita rugi, oleh karena itu tergesa-gesalah melaksanakan tugas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.