Cara Mudah Membuat Mind Map

Apakah Mind Map itu? Bagaimanakah cara membuat Mind Map? Apa kelebihan dan keuntungan membuat Mind Map? Seperti apakah contoh Mind Map? More »

Konsep Pendidikan Karakter dalam Islam

Bagaimanakah konsep pendidikan karakter dalam Islam? Apa perbedaan pendidikan karakter menurut Islam dengan pendidikan karakter Barat? Bagaimanakah penerapan pendidikan karakter di sekolah-sekolah Islam? More »

5 Kesalahan Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah

Apakah penerapan pendidikan karakter di sekolah sudah sesuai dengan konsep dan teorinya? Apakah Penerapan Pendidikan Karakter hanya trend saja? Ataukah sebuah keharusan bagi sekolah? More »

Bagaimanakah Penilaian Pendidikan Karakter seharusnya dilakukan?

Faktor paling sering diperdebatkan dalam diskursus pendidikan karakter adalah penilaian. Hal ini berkenaan dengan hasil akhir dari pendidikan karakter yang berupa tindakan moral, bukan berupa pemikiran atau gerakan yang dengan mudah dapat dinilai melalui kemampuan menulis jawaban dan mempraktekkan sebuah keterampilan yang kemudian diakumulasikan dalam bentuk angka More »

Bagaimanakah Cara Merancang Pembelajaran Yang Bermakna?

Sudahkan Anda membuat setiap pembelajaran Anda bermakna bagi Anda dan siswa? Apakah siswa Anda menikmati setiap pembelajaran yang Anda berikan? More »

 

Metode Belajar 54321

visi sekolah
Sponsored Links

Mengulang pelajaran adalah bagian penting dari sukses belajar. Kebanyakan dari kita umumnya menyebutnya dengan menghapal. Padahal esensinya adalah mempelajari kembali materi yang sudah dipelajari. Dalam bahasa Arab disebut dengan tikrar, dan recitation dalam bahasa Inggris. Kedua istilah ini menjadi kunci untuk menjaga agar materi yang telah dipelajari bertahan lama dalam memori dan pemahaman hingga pada tingkat melekat erat di dalam jantung dan jiwa. Bukan di luar kepala.

Untuk sampai pada tingkat tersebut metode belajar 5-4-3-2-1 menarik untuk diterapkan. Metode ini dibangun dengan prinsip pengulangan secara gradual. Pengulangan materi pelajaran dilakukan setiap hari dengan maksimal pengulangan untuk satu materi pelajaran adalah 5 kali dan minimal 1 kali. Selama 5 hari berturut-turut materi pelajaran harus dipelajari kembali sampai total 15 kali pengulangan. Dengan metode belaja seperti ini, dipastikan setiap materi pelajaran akan semakin menguat dalam pemahaman dan bersarang dalam hapalan.

Metode belajar 5-4-3-2-1 ini dapat diilustrasikan sebagai berikut:

Merujuk pada penuturan Az-Zanurji dalam Ta’lim Al-Muta’allim , diduga kuat metode inilah yang dipraktekkan para ulama terdahulu dalam mempelajari, mengulang dan menghapal pelajaran. Dengan metode ini mereka menjadi pelajar-pelajar yang sukses menaklukkan pelajaran.
Selamat menerapkan!

Tik email Anda di sini untuk berlangganan artikel

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan tulis komentar Anda atau Anda dapat berlangganan gratis RSS feed untuk mendapatkan artikel terbaru dari Blog Inspirasi. Untuk berlangganan melalui email silakan isi form di atas.

2 Responses to Metode Belajar 54321

  1. Budi santosa says:

    apa nanti tidak tidak dihadapkan pada kendala waktu pak

  2. marfu78 says:

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya Pa Budi. Insya Allah penerapan metode belajar ini tidak akan bermasalah dengan waktu. 15 kali pengulangan atau recitation nya bisa sama dengan 15x 1 menit dst. Anggap saja rata-rata 5 menit pengulangan dengan membaca atau menelaah, maka bis selesai dalam 15×5 = 75 menit. Waktu yang normal untuk belajar (menghapal) di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.